DIDIK SISWANTO

Bertugas di SMK Negeri 7 Sarolangun Jambi, Masih sebagai Guru Yang Insya Allah akan terus belajar dan Belajar ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pembelajaran

Tantangan ke 115

Proses pembelajaran di kelas selama ini terfokus pada pembelajaran yang terpusat pada guru (teacher center), padahal siswa sebenarnya juga memiliki potensi untuk mendapatkan pengetahuan secara mandiri. Pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selama ini terkesan gurunya saja yang memiliki pengetahuan yang luas sehingga ceramah dan mencatat menjadi cara dalam memberikan materi kepada peserta didik. Sementara untuk mendapatkan kompetensi yang diinginkan proses pembelajaran harus ditunjang dengan sarana pembelajaran yang memadai.

Pendidikan merupakan komunikasi terorganisasi dan berkelanjutan yang dirancang untuk menumbuhkan kegiatan belajar pada diri siswa. Siswa mampu mengembangkan kemampuan menemukan, mengelola, dan mengevaluasi informasi dan pengetahuan untuk memecahkan masalah pada dunia yang nyata dan ikut serta aktif dalam kegiatan bermasyarakat di lingkungannya. Untuk itu diperlukan proses pembelajaran yang efektif dan efisien yang menjadikan siswa menyerap informasi dan pengetahuan serta teknologi yang dipelajarinya sebagai bagian dari dirinya.

Keberhasilan seorang guru memberikan pembelajaran yang efektif ditandai dengan adanya proses belajar pada siswa. Siswa mampu membangun pengetahuannya sendiri melalui proses pembelajaran tersebut. Pembelajaran hendaknya menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Peran guru hanya sebagai fasilitator, sedangkan proses belajar dijalani sendiri oleh siswa sehingga guru harus mampu mendesain pembelajaran dengan baik agar terjadi interaksi antara guru dan siswa, misalnya dengan cara mendesain bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter siswa baik pembelajaran itu dilaksanakan secara berkelompok maupun individu.

Salah satu kompetensi yang perlu dimiliki seorang guru dalam melaksanakan tugasnya adalah mengembangkan bahan ajar. Pengembangan bahan ajar penting dilakukan guru agar pembelajaran lebih efektif, efisien, dan tidak melenceng dari kompetensi yang ingin dicapainya.

#Bersambung

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sejak KTSP..harusnya sdah student centre...tdakkah begitu?

22 May
Balas

di beberapa daerah KTSP justru malah Teacher Center..

22 May

Memang seharusnya begitu students center. Sekarang benar-benar studens center selama PJJ. Salam kenal dan salam Literasi.

29 May
Balas



search

New Post